Cari Blog Ini

Jumat, 29 September 2017

Anak Peserta PKH dengan Segudang Prestasi



ANAK PESERTA PKH DENGAN SEGUDANG PRESTASI
Oleh: Trimanto B. Ngaderi*)


Siapa bilang kemiskinan identik dengan kebodohan. Siapa bilang kemelaratan identik dengan keterbelakangan. Siapa pula mengatakan orang kecil identik dengan kekerdilan. Hasna Saleha telah membuktikannya. Putri kelahiran Boyolali, 30 November enam belas tahun silam dari pasangan Soleh dan Harni ini telah membuka mata dunia bahwa kemiskinan bukanlah halangan untuk berprestasi.
Hasna, begitu ia sering dipanggil, kini sedang duduk di bangku kelas IX MTsN Simo. Prestasinya di bidang akademik adalah ia selalu memperoleh rangking satu. Ketika ditanya bagaimana ia bisa demikian, ia menjawab bahwa cara belajarnya adalah sering-sering mengerjakan latihan soal. Selain itu, ia juga mempunyai kegemaran membaca, baik buku pelajaran maupun buku-buku umum seperti novel, cerpen, dan juga majalah.
Siswi dengan postur tinggi dan atletis ini mengaku pelajaran yang paling disuka adalah IPA, terutama Biologi. Alasannya adalah pengajarnya enak dan cara menjelaskan materi pelajaran sangat mudah dimengerti. Ketika ditanya terkait cita-citanya kelak, “Aku ingin menjadi profesor”, jawabnya mantap dan penuh keyakinan. “Aku juga ingin menghajikan kedua orang tua”, sambungnya dengan bangga.
Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa ia bisa sukses dalam belajar adalah dengan banyak belajar, banyak berlatih, banyak berdoa, dan ditambah lagi adanya dukungan terutama dari orang tua, dan juga dari berbagai pihak (guru, teman, saudara).
Selain prestasi di bidang akademik, siswa penyuka novel “Hafalan Surat Delisa” ini di sekolahnya juga sangat tenar dalam prestasinya di bidang olahraga. Di kamarnya yang sederhana dan sempit, terdapat puluhan piala dan medali dari berbagai kejuaraan dan lomba yang pernah ia ikuti, mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi.
Berikut beberapa prestasinya di bidang olahraga:
v  Juara I Pencak Silat pada UMS Cup, 3-7 januari 2016.
v  Pesilat terbaik putri SMP pada turnamen IV tapak suci antarpelajar SMP/SMA se-Jateng 3-7 januari 2016.
v  Juara III Pencak Silat pada UNS Cup tahun 2012.
v  Juara II lari 400 m putri aksioma tingkat kabupaten tahun 2015.
v  Juara III 5 km putri dalam rangka HUT PGRI ke-69 tingkat SMP Kecamatan Simo.
v  Dan masih banyak lagi yang tak mungkin disebutkan semua di sini

Bangga Menjadi Peserta PKH
Ibunya Hasna, Harni adalah peserta PKH dari Dukuh Gebang RT 26/RW 05, Desa Blagung dari kelompok Dahlia I. Ketika ditanya bagaimana perasaannya mendapat bantuan dari PKH, “Senang sekali rasanya!” ungkapnya dengan mata berbinar-binar. “Bisa membantu meringankan beban orang tua, Mas” lanjutnya penuh rasa syukur.
Menurutnya, uang bantuan digunakan untuk di antaranya adalah membayar buku LKS, biaya ujian, biaya akhirussannah, dan lain sebagainya. “Untuk biaya SPP/pendidikan sudah tidak bayar lagi Mas, soalnya dapat beasiswa”, ujarnya bangga.
Menutup pembicaraan, ia mengatakan bahwa secara umum pendidikan di Indonesia sudah baik. Ia hanya minta agar bagi siswa-siswa yang berasal dari daerah pedalaman agar diberi kemudahan transportasi, atau setidaknya sekolah menyediakan asrama.
 *) Pendamping PKH Kec. Simo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!