Cari Blog Ini

Kamis, 28 April 2016

Lima Prinsip Keyakinan Syiah Imamiyah



LIMA PRINSIP KEYAKINAN SYIAH IMAMIYAH
Oleh: Trimanto B. Ngaderi



Agama Syiah pertama kali dipelopori oleh Abdullah bin Saba, seorang Yahudi Yaman pada masa khalifah Utsman bin Affan ra. Agama ini pada awalnya berkembang di daerah Kufah dan Basrah (Iraq), terlebih sejak kematian Husain bin Ali bin Abi Thalib ra. Untuk perkembangan selanjutnya, agama ini diyakini oleh mayoritas penduduk Iran.

Walau mengaku sebagai Islam, namun ajaran Syiah sangat bertentangan dengan ajaran dan aqidah Islam, bahkan saking jauh tersesatnya, justru mereka sangat memusuhi Islam. Beberapa prinsip aqidah (keyakinan) yang mereka miliki, di antaranya:

1)      Al Imamah/Al Wilayah (Keimamahan/Kepemimpinan)
Mereka meyakini 12 imam/pemimpin dimulai dari Ali bin Abi Thalib ra hingga anak-keturuannya. Mereka memiliki kedudukan yang tinggi dan dianggap sebagai rukun kelima dari rukun Islam.
2)       Ishmah/Ma’shum (terjaga dari dosa dan kesalahan)
Para imam dianggap memiliki sifat ma’shum sebagaimana yang dimiliki para nabi. Mereka diyakini terjaga dari dosa dan kesalahan lahir maupun batin, dari lahir sampai meninggal.
3)      Al Ghaibah (Menghilang)
Meyakini bahwa imam ke-12 Muhammad bin Hasan Al Askari senantiasa akan bersembunyi (tidak menampakkan diri) hingga Allah mengizinkannya keluar.
4)      Ar Raj’ah (Kembali/Bangkit)
Meyakini bahwa Tuhan akan mengembalikan orang/sekelompok kaum yang telah mati ke dunia dalam wujud dan gambaran mereka seperti sedia kala.
5)      Al Bada’
Bahwa Allah mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak tampak bagiNya. Mereka menganggap bahwa Allah memiliki sifat jahl (bodoh) dan nisyan (lupa)

Demikianlah, memang Syiah Imamiyah memiliki sikap ghuluw (berlebih-lebihan) terhadap imam-imam mereka. Mereka dianggap memiliki sifat rububiyah (ketuhanan), yang mengetahui ilmu ghaib, dapat mengatur alam semesta, bahkan menganggap lebih tinggi daripada nabi dan rasul. Dalam beberapa hal, kesesatan mereka malah melebihi kaum Yahudi dan Nasrani.

Beberapa aliran atau istilah yang dinisbatkan kepada Syiah, seperti Ismailiyah, Qaramithah, Bathiniyah, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!