Cari Blog Ini

Kamis, 18 Februari 2016

Tips Merawat Kesehatan Mata



TIPS MERAWAT KESEHATAN MATA


Untuk perawatan kesehatan mata, yang dilakukan pertama kali adalah menjaga kondisi kesehatan mata supaya tidak rusak atau terkena penyakit, yaitu menghindari berbagai hal yang dapat melemahkan mata. Seperti polusi yang terlalu tinggi, makan makanan yang justru menurunkan kekuatan mata (makanan karsinogenik, mengandung penyedap rasa terlalu besar).
Nutrisi yang harus dipenuhi untuk menyehatkan mata adalah makanan-makanan yang mengandung vitamin A dosis tinggi. Contohnya wortel, ikan laut segar, ekstrak minyak ikan Scott, ekstrak blueberry.
Jika ada gejala-gejala mata merah atau gatal, bisa ditetesi dengan air garam. Air garam merupakan antibiotik alami dan sangat baik untuk mengobati radang mata. Awalnya memang terasa sangat perih, tapi kalau sudah terbiasa akan berkurang rasa perihnya.
Baik juga apabila kita mengetahui titik-titik refleksi mata untuk menguatkan mata. Sering-seringlah memijit titik-titik tersebut. Kemudian hindari paparan sinar gamma, seperti terlalu di depan layar komputer atau televisi. Juga hindari membaca tulisan yang terlalu kecil atau terlalu berwarna-warni. Mata juga perlu diistirahatkan, misalnya setelah satu jam membaca.
Baik pula direndam daun sirih, karena merupakan antibiotik alami, terutama untuk iritasi ringan dan mata merah. Tapi jangan terlalu sering. Caranya: 7-10 lembar daun sirih, rebus dalam 1 liter air. Diamkan sampai mengendap dan dingin. Setelah itu bisa digunakan untuk mencuci mata. Bisa juga ditambah garam agar lebih mujarab.

Resep Bilberry HPAI
Buah bilberry telah digunakan sejak abad ke-16 di Eropa sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata, karena mengandung zat aktif yang disebut antosianosida. Zat ini mampu membangun kapiler kuat yang terdapat di sebagian besar pembuluh darah mata sehingga meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke dalam kapiler. Peningkatan aliran darah ke mata dapat mencegah hipertensi okular yang dapat mengurangi risiko glaukoma.
Bilberry membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula akibat kerusakan retina yang dialami orang berusia lebih dari 50 tahun. Bilberry juga terbukti dapat mencegah katarak, penglihatan buram, dan rabun senja karena adanya kandungan flavonoid yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata dan melindungi penglihatan serta daerah sensitif di sekitar retina.
(Trimanto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!