Cari Blog Ini

Jumat, 11 Oktober 2013

POLA PIKIR DAN POLA LAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA SUMBER



POLA PIKIR DAN POLA LAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA SUMBER
Oleh: Trimanto B. Ngaderi

Kesehatan adalah modal dasar kehidupan. Kesehatan adalah dambaan setiap orang. Kesehatan mencakup kesehatan tubuh (diri) dan kesehatan lingkungan.  
Untuk meraih lingkungan yang bersih dan sehat, penduduk di Desa Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah telah memiliki kesadaran akan pentingnya membangun sanitasi yang layak dan ramah lingkungan. Seiring dengan peningkatan taraf ekonomi dan perkembangan pembangunan di Desa Sumber pada umumnya, mereka telah memiliki sumur sendiri beserta WC dan kamar mandinya.
Pola pikir dan pola laku penduduk telah mengalami transformasi pada satu dasawarsa ini. Ketika dulu mereka terbiasa mandi atau mencuci di sungai, mengambil air ke mata air atau sendang, atau memakai sumur beramai-ramai; sekarang keinginan untuk memiliki air bersih dan milik sendiri adalah sebuah keharusan tiap warga. 
 Gambar 1. Sendang yang dulu dipakai warga sebelum punya sumur sendiri

Perubahan pola pikir dan pola laku tersebut didukung oleh beberapa faktor, yaitu:
1.    Kesadaran iman  
Yaitu perintah agama untuk selalu menjaga kebersihan, sebab “kebersihan adalah sebagian dari iman”.
2.    Memiliki budaya hidup bersih
Seperti kebiasaan menyapu halaman, membuat saluran pembuangan air, menguras kulah dan bak, kerja bakti membersihkan selokan, membakar sampah anorganik.
3.    Peningkatan taraf ekonomi 
 Gambar 2. Salah satu sumur warga (ada kamar mandi, WC dan saluran pembuangan)

4.    Sosialisasi pemerintah tentang pentingnya kebersihan
5.    Program pembangunan dari pemerintah
Biasanya dalam bentuk bantuan dana untuk membuat bak penampungan air yang bisa dipakai untuk umum dan disalurkan ke rumah-rumah penduduk.


 Gambar 3. Salah satu bak air untuk umum yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk

Penutup
Secara umum, perubahan pola pikir dan pola laku yang terjadi pada masyarakat Desa Sumber terkait system sanitasi dan pengelolaan air bersih adalah modal utama bagi sebuah pembangunan. Masyarakat yang sadar akan arti pentingnya air bersih akan berupaya mewujudkan lingkungan yang sehat dan terjaga. Jika pola pikir konstruktif tersebut terus terpelihara, maka akan menghasilkan pola laku hidup sehat. Gabungan dari pola pikir dan pola laku sehat akan terwujud sebuah budaya bersih yang menjadi kebiasaan sehari-hari. 

(Untuk mengetahui lebih jauh dan cek kebenaran artikel ini, bisa langsung hub Kepala Desa Sumber, Bapak Sajidan 0823 2980 2283)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!