Cari Blog Ini

Sabtu, 13 Juli 2024

Peran Penting Dompet Dhuafa Dalam Pemberdayaan Masyarakat

 

PERAN PENTING DOMPET DHUAFA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Oleh: Trimanto B. Ngaderi*)

 

Tak terasa sudah 31 tahun Dompet Dhuafa melakukan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Sebagai organisasi nirlaba yang unggul dan berdedikasi, Dompet Dhuafa tidak hanya memberikan bantuan, akan tetapi telah banyak mengubah hidup seseorang. Termasuk memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk berkontribusi dan melakukan hal yang serupa.

Berawal dari bentuk keprihatinan terhadap kondisi kemiskinan dan banyaknya masyarakat yang membutuhkan bantuan, maka para jurnalis harian Republika pada tahun 1993 mendirikan Dompet Dhuafa. mereka ingin belajar melayani. Dalam sejarah perjalanannya hingga usia 31 tahun, Dompet Dhuafa telah berkembang sangat pesat dan memiliki berbagai program yang inovatif serta membawa dampak positif bagi penerima manfaat pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Visi Dompet Dhuafa demi terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan berbasis pada sistem berkeadilan selaras dengan sila kelima dari Pancasila. Sedangkan misinya yaitu membangun masyarakat yang mandiri melalui program-program yang terintegrasi dan berkelanjutan termanifestasi dalam bidang  pendidikan, kesehatan, sosial-budaya, dan pemberdayaan ekonomi.

 

                                                        Sumber gambar: Akun Facebook Dompet Dhuafa


Pengalaman Pribadi Berinteraksi dengan Dompet Dhuafa

Di era tahun 2000-an kali pertama aku mengenal organisasi nirlaba yang satu ini. Pada waktu itu, sebagai pegiat literasi, aku aktif di Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Depok. Sebagai sekretariat sekaligus tempat berkegiatan, kami dipinjami oleh Dompet Dhuafa sebuah gedung yang representatif berlantai dua yang berlokasi di Jl. Keadilan Raya, Depok Timur.

Di sinilah aku mulai mengenal Dompet Dhuafa. Aku tertarik dengan program-program sosial dari Dompet Dhuafa sehingga saya memutuskan untuk ikut serta menjadi donatur (walaupun bukan donatur tetap). Termasuk kami juga terlibat sebagai relawan dalam pemberdayaan kaum dhuafa dan yatim-piatu melalui pemberian pelatihan menulis dan kegiatan mendongeng kepada mereka.

Selama beraktivitas di Depok, aku berusaha memantau sepak terjang dan perkembangan Dompet Dhuafa dari waktu ke waktu, terutama melalui harian Republika. Maklum, pada waktu itu belum banyak orang yang memiliki handphone, terlebih telepon genggam pada waktu itu baru sebatas untuk panggilan dan SMS.

Kini, aku tak lagi tinggal di Depok. Aku menetap di kampung halaman di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Ketika aku menyimak kembali perkembangan Dompet Dhuafa, cukup membuatku terkejut. Bagaimana tidak. 31 tahun Dompet Dhuafa telah berkontribusi membangun negeri. Pada 2021, ia telah memiliki 29 Kantor Cabang di seluruh Indonesia (kecuali Kaltara dan NTB), dan 5 Kantor Cabang di luar negeri serta 29 Mitra di 22 negara. Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi.

Terlebih, profesiku saat ini sebagai Pendamping Sosial di Kementerian Sosial RI yang tugas utamanya adalah menyalurkan berbagai macam bantuan sosial dari pemerintah, aku merasa senang sekali apabila mendengar orang-orang di sekelilingku atau membaca berita ada yang mendapat bantuan dari Dompet Dhuafa. barangkali ini efek dari smiling foundation.


Penutup

Dompet Dhuafa bukan hanya sekedar Lembaga nirlaba semata, melainkan sebagai pahlawan terutama bagi kaum dhuafa, fakir-miskin, dan yatim-piatu. Ia telah memberikan peluang dan harapan untuk hidup yang lebih baik dan lebih bermakna. Kini, mereka tak perlu lagi bersedih meratapi nasib atau menangis karena keadaan. 31 tahun Dompet Dhuafa telah membuat mereka pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya tersenyum bahagia, sebagaimana Dompet Dhuafa sendiri adalah sebagai smiling foundation.

Sebagai penutup dapat aku simpulkan bahwa peran penting Dompet Dhuafa dalam pemberdayaan masyarakat tak diragukan lagi. Dompet Dhuafa hadir sebagai agen perubahan dan membawa dampak yang positif. Oleh karena itu, mari kita dukung sepenuhnya program-program dari https://dompetdhuafa.org dengan cara ikut serta menjadi donatur, relawan, atau minimal ikut menyebarkan informasi.

 

Burung merpati di langit biru

Terbang tinggi di atas angkasa

Selamat milad ke tigapuluh satu

Dompet Dhuafa memang istimewa

 

*) Pegiat Literasi dan Pendiri TBM Klungsu

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!