Cari Blog Ini

Kamis, 06 Juni 2024

Ketika Aku Jatuh Cinta pada Semangat JNE

 

KETIKA AKU JATUH CINTA PADA SEMANGAT JNE

Oleh: Trimanto B. Ngaderi

 

Sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, aku telah sering menggunakan jasa JNE baik untuk kebutuhan pribadi maupuan kepentingan kantor tempatku bekerja. Saat itu aku bekerja di sebuah kota kecamatan yang berada di pinggiran Kota Surakarta. Di kantor, aku sering diminta untuk memaketkan dokumen-dokumen penting ke berbagai daerah di Indonesia.

Waktu itu, perusahaan ekspedisi baru sedikit, belum sebanyak seperti sekarang. Selain Kantor Pos, yang paling dekat dengan kantor adalah gerai JNE. Alasan kami memilih JNE adalah soal kecepatan dan keamanan. Biar pun dengan biaya sedikit lebih mahal, namun dokumen yang kami kirim lebih cepat sampai dan dijamin aman sampai tujuan.

Seiring berjalannya waktu, JNE mulai membuka gerai di beberapa kecamatan lain di daerahku. Diikuti pula oleh munculnya perusahaan-perusahaan ekspedisi baru. Hal ini terutama dipicu oleh bermunculannya Marketplace, termasuk meningkatnya pendapatan per kapita penduduk Indonesia dan gaya hidup baru dalam hal berbelanja.

Kini, JNE telah membuka gerainya di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia, yaitu berjumlah lebih dari 8.000 titik dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan. Kalau lebih dari 10 tahun yang lalu JNE hanya bersaing dengan Kantor Pos dan beberapa perusahaan ekspedisi, sekarang JNE berhadapan dengan belasan perusahaan ekspedisi.

 

Dokumentasi pribadi

33 Tahun Bergerak Maju Berpantang Mundur

33 tahun bukanlah waktu yang singkat. Ibarat seorang manusia, ia telah melewati masa kedewasaan dan mencapai kematangan baik dari aspek fisiologis maupun psikologis. Ia telah merasakan sukacita maupun dukacita kehidupan. Ia telah melewati berbagai rintangan, hambatan, dan cobaan. Ia telah menapaki tiga dasawarsa lebih usia, dengan segala pencapaian, prestasi, juga kontribusi.

Demikian halnya dengan PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), di usianya yang akan genap 33 tahun pada 26 November mendatang juga semakin bertambah dewasa. Sebuah perjalanan yang cukup panjang dan berliku, mengantarkan kepada performa JNE yang dapat kita lihat saat ini.

JNE tetap eksis. Visi JNE “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global” telah menjadi kenyataan. Hal ini terlihat dari berbagai produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen baik coverage dalam negeri maupun luar negeri. Pengakuan akan kualitas produk dan layanan dibuktikan dengan adanya berbagai anugerah dan perhargaan yang telah diterima.

Sedangkan misi dari JNE yaitu “Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten” dapat aku rasakan sendiri. JNE memelopori layanan jemput bola, kurir JNE langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan paket. Hanya dengan menelepon, kurir akan datang ke rumah. Sekiranya masih merasa khawatir nilai barang tidak sesuai dengan nilai 10x pengiriman, JNE menyarankan agar konsumen mengasuransikan barangnya. Apabila perusahaan asuransi tidak membayar klaim sesuai hari yang ditentukan, JNE bersedia menggantikan dengan membayar klaim konsumen.

Pelayanan-pelayanan tersebut bukanlah sekedar promo sesaat, melainkan diberikan JNE kepada pelanggannya secara konsisten hingga saat ini. Font italic pada logo JNE memiliki makna bahwa perusahaan mengutamakan kecepatan dalam pelayanan demi terciptanya pengalaman terbaik bagi pelanggan. Hal ini tercermin pula dalam tagline JNE yaitu Connecting Happiness, menyambung kebahagiaan dari generasi ke generasi.

Visi-misi JNE tersebut dipadu-padankan dengan nilai-nilai perusahaan yang meliputi: Jujur, Tanggung Jawab, Disiplin, dan Visioner. Values tersebut menjadi RUH dalam setiap aktivitas dan tindakan, terutama yang ditunjukkan oleh kurir sebagai garda terdepan karena berhubungan langsung dengan konsumen. Nilai-nilai itu pula yang berimplikasi kepada kepercayaan (trust), sehingga tercipta loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Bergerak maju berpantang mundur. Sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai. Itulah yang dilakukan JNE selama 33 tahun. Terlebih di tengah menjamurnya perusahaan ekspedisi akhir-akhir ini. JNE terus-menerus melakukan evaluasi, inovasi produk dan layanan, termasuk melakukan disrupsi. Terbukti, JNE tetap eksis dan menjadi yang terdepan.

Sebagaimana slogan di ultahnya yang ke-33 ini “Gasss Terus Semangatnya!” Hal ini sejalan dengan warna merah pada logo JNE yang menggambarkan akan kekuatan, semangat, dan ambisi. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE semakin meningkat, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan dunia industri yang hanya sebesar 10-15%, sementara bisnis JNE tumbuh hingga 20% setiap tahunnya.

Warna merah juga berarti dinamis. JNE terbukti mampu menyesuaikan diri dengan era disrupsi dengan cara mengembangkan berbagai layanan yang berbasis aplikasi seperti MyJNE, Pesona, dan JNE Loyalty Card. MyJNE merupakan aplikasi berbasis android dan iOS yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.

 Di dunia marketplace, JNE mampu mempertahankan kualitas layanan baik dari pihak penjual maupun pembeli. Dari pihak penjual, paket dapat sampai kepada pembeli dengan baik dan aman, tanpa adanya kerusakan maupun keterlambatan. Sedangkan dari pihak pembeli, barang dapat diterima dengan baik dan tanpa cacat, sesuai estimasi, dan adanya fitur pelacakan resi (status pesanan). Paket diantar oleh kurir yang ramah dan profesional, serta mampu menangani komplain dengan consumers oriented.

 

Kontribusi JNE Dalam Membangun Negeri

PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan pelopor perusahaan ekspedisi di Indonesia. Selama 33 tahun, JNE telah mengabdikan dirinya untuk melayani konsumen dalam hal pengiriman barang, dokumen, jasa pindahan, pergudangan, dan lain-lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebuah pengabdian dan sumbangsih yang patut kita apresiasi bersama.

JNE juga membangun kemitraan dengan berbagai pihak, dengan lembaga pemerintah, lembaga swasta, perusahaan lain, komunitas, pelaku UMKM, dan sebagainya dalam rangka ikut serta membangun negeri. Dengan lebih dari 8.000 gerai dan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia, JNE ikut membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran. Dengan program kemitraan bisnis, JNE berperan dalam memajukan perekonomian di Indonesia, terutama bagi kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Dalam bidang sosial kemanusian, kontribusi JNE tak perlu diragukan lagi. JNE terlibat aktif dalam setiap aksi kemanusian, penanggulangan bencana alam, termasuk juga bantuan untuk Palestina. Kepedulian JNE kepada kaum marjinal, penyandang disabilitas, fakir-miskin dan kaum dhu’afa, yatim-piatu, dan kaum perempuan sudah tak terhitung lagi.

JNE juga memberikan gratis ongkir untuk pengiriman barang-barang bagi korban bencana alam, seperti korban gempa di Cianjur dan banjir bandang di Sumatera Barat baru-baru ini.  

Itulah beberapa contoh kontribusi dan dedikasi JNE dalam membangun negeri. Penuh semangat dan kreativitas. Demikian halnya yang ditunjukkan oleh karyawan maupun kurir, ditopang dengan budaya organisasi dan lingkungan kerja yang baik, mereka menunjukkan semangat mereka dalam bekerja dan memberikan pelayanan prima kepada konsumen demi tercapainya customer satisfaction. Sekali lagi “Gasss Terus Semangatnya!”

 

Penutup

Sebagai pelanggan dari JNE, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada JNE yang telah memberikan pelayanan terbaiknya selama ini. Secara umum, saya merasa PUAS. Sekalipun di sisi lain, tidak dapat dipungkiri ada pula kekurangan-kekurangannya. Namun, kekurangan ini tidaklah terlalu signifikan, sehingga dapat tertangani secara baik dan diperbaiki di kemudian hari.

Bulan ini aku mendapat kabar dari tempat kerja bahwa sebentar lagi akan diangkat menjadi pegawai P3K dan dipersyaratkan untuk mengumpulkan legalisasi ijazah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Aku yang saat ini tinggal di Boyolali, Jawa Tengah dulu bersekolah SMP di Kota Palembang. Untuk legalisasi ijazah, mereka tidak mempersyaratkan aku harus datang ke Palembang, ijazah cukup discan dan dikirim via email. Legalisasi ijazahku sudah jadi dan mereka mengirimkannya dengan menggunakan jasa JNE.

Bagaimana saya tidak semakin jatuh cinta pada JNE.

 

Dokumentasi pribadi

Naik perahu di Danau Toba

Angin semilir menuju ke tepi

Selamat ultah ke tiga puluh tiga

Tetap semangat membangun negeri

 

 

#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasssTerusSemangatKreativitasnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar Anda!