KETIKA AKU JATUH CINTA PADA SEMANGAT JNE
Oleh: Trimanto B.
Ngaderi
Sejak lebih dari
sepuluh tahun yang lalu, aku telah sering menggunakan jasa JNE baik untuk
kebutuhan pribadi maupuan kepentingan kantor tempatku bekerja. Saat itu aku
bekerja di sebuah kota kecamatan yang berada di pinggiran Kota Surakarta. Di
kantor, aku sering diminta untuk memaketkan dokumen-dokumen penting ke berbagai
daerah di Indonesia.
Waktu itu, perusahaan
ekspedisi baru sedikit, belum sebanyak seperti sekarang. Selain Kantor Pos,
yang paling dekat dengan kantor adalah gerai JNE. Alasan kami memilih JNE
adalah soal kecepatan dan keamanan. Biar pun dengan biaya sedikit lebih mahal,
namun dokumen yang kami kirim lebih cepat sampai dan dijamin aman sampai
tujuan.
Seiring berjalannya
waktu, JNE mulai membuka gerai di beberapa kecamatan lain di daerahku. Diikuti
pula oleh munculnya perusahaan-perusahaan ekspedisi baru. Hal ini terutama
dipicu oleh bermunculannya Marketplace,
termasuk meningkatnya pendapatan per kapita penduduk Indonesia dan gaya hidup
baru dalam hal berbelanja.
Kini, JNE telah
membuka gerainya di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia, yaitu
berjumlah lebih dari 8.000 titik dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan.
Kalau lebih dari 10 tahun yang lalu JNE hanya bersaing dengan Kantor Pos dan
beberapa perusahaan ekspedisi, sekarang JNE berhadapan dengan belasan
perusahaan ekspedisi.
33 Tahun Bergerak Maju Berpantang Mundur
33 tahun bukanlah
waktu yang singkat. Ibarat seorang manusia, ia telah melewati masa kedewasaan
dan mencapai kematangan baik dari aspek fisiologis maupun psikologis. Ia telah
merasakan sukacita maupun dukacita kehidupan. Ia telah melewati berbagai
rintangan, hambatan, dan cobaan. Ia telah menapaki tiga dasawarsa lebih usia,
dengan segala pencapaian, prestasi, juga kontribusi.
Demikian halnya dengan
PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), di usianya yang akan genap 33 tahun pada
26 November mendatang juga semakin bertambah dewasa. Sebuah perjalanan yang
cukup panjang dan berliku, mengantarkan kepada performa JNE yang dapat kita
lihat saat ini.
JNE tetap eksis. Visi JNE “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri
yang Berdaya Saing Global” telah
menjadi kenyataan. Hal ini terlihat dari berbagai produk dan layanan yang dapat
memenuhi kebutuhan konsumen baik coverage
dalam negeri maupun luar negeri. Pengakuan akan kualitas produk dan layanan
dibuktikan dengan adanya berbagai anugerah dan perhargaan yang telah diterima.
Sedangkan misi dari JNE yaitu “Memberi Pengalaman
Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten” dapat aku rasakan sendiri. JNE memelopori layanan jemput bola, kurir
JNE langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan paket.
Hanya dengan menelepon, kurir akan datang ke rumah. Sekiranya masih merasa
khawatir nilai barang tidak sesuai dengan nilai 10x pengiriman, JNE menyarankan
agar konsumen mengasuransikan barangnya. Apabila perusahaan asuransi tidak
membayar klaim sesuai hari yang ditentukan, JNE bersedia menggantikan dengan
membayar klaim konsumen.
Pelayanan-pelayanan tersebut bukanlah sekedar promo sesaat, melainkan
diberikan JNE kepada pelanggannya secara konsisten hingga saat ini. Font italic pada logo JNE memiliki makna
bahwa perusahaan mengutamakan kecepatan dalam pelayanan demi terciptanya pengalaman
terbaik bagi pelanggan. Hal ini tercermin pula dalam tagline JNE yaitu Connecting
Happiness, menyambung kebahagiaan dari generasi ke generasi.
Visi-misi JNE tersebut dipadu-padankan dengan nilai-nilai perusahaan
yang meliputi: Jujur, Tanggung Jawab, Disiplin, dan Visioner. Values tersebut menjadi RUH dalam setiap
aktivitas dan tindakan, terutama yang ditunjukkan oleh kurir sebagai garda
terdepan karena berhubungan langsung dengan konsumen. Nilai-nilai itu pula yang
berimplikasi kepada kepercayaan (trust),
sehingga tercipta loyalitas dan kepuasan pelanggan.
Bergerak maju berpantang mundur. Sekali
layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai. Itulah yang dilakukan JNE
selama 33 tahun. Terlebih di tengah menjamurnya perusahaan ekspedisi
akhir-akhir ini. JNE terus-menerus melakukan evaluasi, inovasi produk dan
layanan, termasuk melakukan disrupsi. Terbukti, JNE tetap eksis dan menjadi
yang terdepan.
Sebagaimana slogan di ultahnya yang ke-33 ini “Gasss Terus Semangatnya!”
Hal ini sejalan dengan warna merah pada logo JNE yang menggambarkan akan
kekuatan, semangat, dan ambisi. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE
semakin meningkat, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan dunia industri yang
hanya sebesar 10-15%, sementara bisnis JNE tumbuh hingga 20% setiap tahunnya.
Warna merah juga berarti dinamis. JNE terbukti mampu menyesuaikan diri
dengan era disrupsi dengan cara mengembangkan berbagai layanan yang berbasis
aplikasi seperti MyJNE, Pesona, dan JNE Loyalty Card. MyJNE merupakan aplikasi
berbasis android dan iOS yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE
Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.
Di dunia marketplace,
JNE mampu mempertahankan kualitas layanan baik dari pihak penjual maupun
pembeli. Dari pihak penjual, paket dapat sampai kepada pembeli dengan baik dan
aman, tanpa adanya kerusakan maupun keterlambatan. Sedangkan dari pihak
pembeli, barang dapat diterima dengan baik dan tanpa cacat, sesuai estimasi, dan
adanya fitur pelacakan resi (status pesanan). Paket diantar oleh kurir yang
ramah dan profesional, serta mampu menangani komplain dengan consumers oriented.
Kontribusi JNE Dalam Membangun
Negeri
PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan pelopor perusahaan
ekspedisi di Indonesia. Selama 33 tahun, JNE telah mengabdikan dirinya untuk
melayani konsumen dalam hal pengiriman barang, dokumen, jasa pindahan,
pergudangan, dan lain-lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebuah pengabdian dan sumbangsih yang patut kita
apresiasi bersama.
JNE juga membangun kemitraan dengan berbagai pihak, dengan lembaga
pemerintah, lembaga swasta, perusahaan lain, komunitas, pelaku UMKM, dan
sebagainya dalam rangka ikut serta membangun negeri. Dengan lebih dari 8.000 gerai
dan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia, JNE ikut membuka lapangan
kerja dan mengurangi angka pengangguran. Dengan program kemitraan bisnis, JNE
berperan dalam memajukan perekonomian di Indonesia, terutama bagi kalangan
usaha mikro, kecil, dan menengah.
Dalam bidang sosial kemanusian, kontribusi JNE tak perlu diragukan lagi.
JNE terlibat aktif dalam setiap aksi kemanusian, penanggulangan bencana alam,
termasuk juga bantuan untuk Palestina. Kepedulian JNE kepada kaum marjinal,
penyandang disabilitas, fakir-miskin dan kaum dhu’afa, yatim-piatu, dan kaum
perempuan sudah tak terhitung lagi.
JNE juga memberikan gratis ongkir untuk pengiriman barang-barang bagi
korban bencana alam, seperti korban gempa di Cianjur dan banjir bandang di
Sumatera Barat baru-baru ini.
Itulah beberapa contoh kontribusi dan dedikasi JNE dalam membangun
negeri. Penuh semangat dan kreativitas. Demikian halnya yang ditunjukkan oleh
karyawan maupun kurir, ditopang dengan budaya organisasi dan lingkungan kerja
yang baik, mereka menunjukkan semangat mereka dalam bekerja dan memberikan
pelayanan prima kepada konsumen demi tercapainya customer satisfaction. Sekali lagi “Gasss Terus Semangatnya!”
Penutup
Sebagai pelanggan dari JNE, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada
JNE yang telah memberikan pelayanan terbaiknya selama ini. Secara umum, saya
merasa PUAS. Sekalipun di sisi lain, tidak dapat dipungkiri ada pula kekurangan-kekurangannya.
Namun, kekurangan ini tidaklah terlalu signifikan, sehingga dapat tertangani
secara baik dan diperbaiki di kemudian hari.
Bulan ini aku mendapat kabar dari tempat kerja bahwa sebentar lagi akan
diangkat menjadi pegawai P3K dan dipersyaratkan untuk mengumpulkan legalisasi
ijazah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Aku yang saat ini
tinggal di Boyolali, Jawa Tengah dulu bersekolah SMP di Kota Palembang. Untuk
legalisasi ijazah, mereka tidak mempersyaratkan aku harus datang ke Palembang,
ijazah cukup discan dan dikirim via email. Legalisasi ijazahku sudah jadi dan
mereka mengirimkannya dengan menggunakan jasa JNE.
Bagaimana saya tidak semakin jatuh cinta pada JNE.
Naik perahu di Danau Toba
Angin semilir menuju ke tepi
Selamat ultah ke tiga puluh tiga
Tetap semangat membangun negeri
#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024
#GasssTerusSemangatKreativitasnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ditunggu komentar Anda!